Oleh Rani Prastuti, S.Pd
Guru / Pembina Pramuka SMKN 7 Baleendah

SAMBASNEWS.id – Alumni adalah orang-orang yang telah dinyatakan lulus menyelesaikan masa studinya di suatu lembaga pendidikan dengan waktu yang telah ditetapkan sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Alumni adalah orang orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi.

Keberhasilan para Alumni di dunia kerja maupun perguruan tinggi merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan di suatu sekolah. Oleh karena itu alumni dapat memberikan peran dalam mengembangkan kualitas pembelajaran di sekolah. Alumni merupakan salah satu SDM yang dapat dimanfaatkan dalam memajukan kualitas sekolah.

Alumni Chanrika Rega selesai melatih baris berbaris

SMK Negeri 7 Baleendah sebagai lembaga pendidikan yang telah meluluskan 14 angkatan sampai dengan tahun 2021 memiliki alumni yang telah sukses di dunia kerja dan perguruan Tinggi. Sebagai alumni SMK Negeri 7, sebagian mereka mampu memberikan kontribusi yang tinggi terhadap sekolah khususnya adik adik kelas mereka.

Alumni dapat menjadi mentor karier, alumni dapat menjadi rujukan bagi siswa siswa dalam mencapai cita cita apakah melanjutkan bekerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi. Salah seorang Alumni lulusan program keahlian TAV bernama Daniel Rizkyawan bekerja sebagai ASN di Kemenkumham, selalu berkunjung ke sekolah dalam berbagai kegiatan memberikan pengalaman, suport dan semangat kepada adik adik kelasnya menceritakan tentang pengalamannya tes CPNS.

Alhasil adik kelas lulusan Program Keahlian TAV bernama Asep Surya pun ada yang mengikuti jejaknya lulus menjadi ASN Kemenkumham pula. Begitu juga dengan Isnaeni Adhia Febrianti Lulusan Program Keahlian DPIB (Desain Pemodelan Ilmu Bangunan), Isna panggilan akrabnya sering datang ke sekolah untuk melaksanakan diskusi dengan adik-adik kelasnya bagaimana ia diterima di UPI jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur. Karena seringnya mengunjungi almamater SMKN 7 Baleendah untuk berbagi cerita dan memberikan semangat akhirnya adik kelasnya pun Fachrul yang mengikuti jejaknya lulus di UPI jurusan yang sama.

Baca Juga  Tol Cipali Kembali Merenggut Nyawa, Tiga Orang Tewas dan Tujuh Lainnya Luka-luka
Fachrul DPIB

Alumni dapat memberikan keahlian pada bidangnya. Lulusan yang sudah bekerja sesuai bidang keahliannya dapat memberikan ilmu dan pengalaman yang diperolehnya di dunia kerja kepada adik adik kelasnya. Berdasarkan pengalaman di dunia kerja alumni mampu menjadi guru tamu dalam kegiatan praktik di bengkel, hal ini seperti yang dilakukan oleh Rendi Suwarso lulusan tahun 2010 yang bekerja di PT Nusantara Jaya Sentosa sebuah Dealer terkemuka di Bandung.

Rendi kerap datang untuk memberikan penjelasan atau mengajar praktik di Program Keahlian teknik Kendaran Ringan. Alumni lain di Program Keahlian TKR yang dapat memberikan keahliannya adalah Chandrika Rega lulusan tahun 2017. Rega panggilan akrab dari penulis selalu siap memberikan ilmu dan pengalaman yang di perolehnya setelah menjadi seorang anggota TNI AD di kesatuan Polisi Militer.

Rega berkunjung ke almamaternya untuk memberikan latihan baris berbaris, ketahanan fisik dan kedisiplinan kepada adik adik kelasnya yang aktif di organisasi Pramuka. Kehadiran Rega memberi kesan yang sangat baik bagi adik adik kelasnya, ini dibuktikan dengan semangatnya berlatih yang diperlihatkan pada saat latihan .

Alumni menjadi daya tarik Siswa baru, Lulusan SMK Negeri 7 Baleendah dengan berbagai prestasi dan sukses di dunia kerja (Pemerintah dan swasta) maupun perguruan tinggi (negeri dan swasta) dapat berfungsi menciptakan opini positif di masyarakat. Kepercayaan masyarakat semakin tumbuh untuk memilihkan sekolah bagi anak anaknya setelah mendapat informasi tentang kesuksesan para alumni sekolah ini. Oleh karena itu alumni dapat digunakan sebagai ajang promosi sekolah yang efektif.

Daniel Rizkyawan alumni TAV

Alumni dapat menjadi penyandang dana, baik secara individual maupun kelompok alumni yang sudah bekerja dan sukses dapat menjadi penyumbang dana dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sekolah. Beberapa kegiatan yang dilaksanaan oleh Gerakan Pramuka SMK Negeri 7 Baleendah selalu mendapat sumbangan dana dari para Alumninya. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka yang terbaru adalah Peduli Lingkungan dan peduli anak Yatim Piatu.

Baca Juga  Pj Wali Kota Cimahi Hadiri Apel Siaga Nasional Kesiapan Pemilu 2024 dan Pelantikan PPS Pemilu

Dana yang disumbangkan lumayan cukup besar untuk membantu jalannya kegiatan tersebut. Penulis merupakan pembina pramuka sehingga mengetahui jelas dana yang di terima pada kegiatan tersebut. Selain itu alumni yang memiliki ekonomi stabil dapat membantu sesama teman ataupun adik-adik kelasnya dalam menghadapi kesulitan.

Alamuni mendukung nama baik lembaga/sekolah. Sebagai alumni/lulusan sekolah SMK Negeri 7 Baleendah yang telah meraih kesuksesan bekerja di berbagai bidang dan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri /swasta dapat menjelaskan keabsahan kualitas program program sekolah. Semakin berpengaruh posisi dalam bekerja maka kepercayaan masyarakat terhadap sekolah semakin tinggi.

Demikian beberapa peran penting alumni SMK Negeri 7 Baleendah, yang telah penulis uraikan. Peran penting secara umum adalah alumni merupakan motivator bagi sekolah terutama untuk adk adik kelasnya. Oleh karena itu kita harus memanfaatkan potensi yang baik yang dapat digali dari alumni. Sekolah hendaknya membangun kerjasama yang baik dan harmonis. Hubungan sekolah dengan berbagai pihak memiliki manfaat yang besar bagi pengembangan sekolah.

 

 

(Red)

By Sambasnews

Santun Dalam Bahasan, Lugas & Faktual

16 thoughts on “Alumni dan Almamater SMK Negeri 7 Baleendah”
  1. Terima kasih ibu Nenden Meilani, kaprog DPIB yg Cantik
    Terimakasih buat Bu Santi yang keren dalam mendisiplinkan siswa

  2. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan / sekolah bisa di ukur dari seberapa besar kontribusi alumninya terhadap almamater, masyarakat, bangsa dan negaranya…. bangga rasanya menjadi bagian dari bertumbuhnya mereka menjadi insan-insan bermakna…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *