SAMBASNEWS.id – SMA Negeri 1 Soreang terus menghasilkan out put para lulusan dengan prestasi yang membanggakan. Hal ini terlihat dari para alumni yang banyak lolos ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP dan SNBT 2024.

Seperti yang disampaikan Wakasek Kurikulum Hj. Ida Fahmi Hidayati Latiefah, S.Pd., Selasa (09/07/2024), didampingi Wakasek Kesiswaan Euis Ani Supriatni, S.Si., S.Pd., M.Si., Wakasek Humas Drs. Usep Sopian, S.Pd., M.Pd.I., dan Wakasek Sarpras Ahmad Hamdani, M.Pd., bahwa dari jumlah siswa yang berjumlah 432 siswa di SMA Negeri 1 Soreang untuk tahun ajaran 2023-2024 ini, Alhamdulillah diterima melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) itu 19 orang, hal ini bisa langsung dilihat datanya karena kalau untuk SNBP langsung terekam. Untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) itu ada 29 orang yang melapor, ini masih progres mungkin nanti akan ada tambahan, ditambah yang berhasil untuk jalur kedinasan, baik TNI-Polri, belum kami rekap semua karena pengumumannya terus berlanjut.

Untuk pengembangan dan implementasi kurikulum sejak tahun ajaran 2022-2023 di SMAN 1 Soreang mulai mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (IKM), kami menerapkan IKM 2, Mandiri berubah, untuk itu berarti kurikulumnya pun kita sesuaikan dengan Kurikulum Merdeka termasuk yang khasnya diantaranya ada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), ungkap Hj. Ida.

Untuk tahun sekarang kelas 12 pun sudah menjalani kurikulum merdeka, jadi yang kemarin itu produk bungsu dari kurikulum 2013. Jadi kami berharap mudah-mudahan kedepannya prestasi siswa-siswi SMAN 1 Soreang semakin berkembang lagi, apalagi setelah kita membawa mereka ke kurikulum merdeka, mudah-mudahan mereka juga lebih independent, kreatif dan inovatif dengan pendidikan yang mereka jalani.

Guna memberikan pengenalan dan pemahaman mengenai perguruan tinggi maka di SMAN 1 Soreang diadakan acara rutin tahunan yang diadakan setiap bulan Desember yaitu Career Day. Di acara Career Day diundang para alumni yang sedang melanjutkan pendidikannya di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Alumni yang melanjutkan pendidikan baik di UGM, ITB, UNPAD, UPI, UIN, POLBAN dan perguruan tinggi lainnya maupun di kedinasan itu pada datang dan memberikan pencerahan bagi adik-adiknya seperti gambaran bagaimana hidup sebagai mahasiswa berdasarkan pengalaman mereka sendiri, tutur Hj. Ida.

Baca Juga  Perkuat Mitigasi Bencana BPBD Kota Cimahi Gelar Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam

Kepala SMAN 1 Soreang Arif Hardiana, M.Pd., menyatakan rasa bangga dan memberikan apresiasi pada siswa-siswi SMAN 1 Soreang yang telah lolos di jalur SNBP dan SNBT serta kedinasan. Semoga dengan keberhasilan ini bisa terus meningkatkan motivasi belajar guna meraih cita-cita yang diinginkan, terlebih sebagai generasi emas di Indonesia Emas tahun 2045.

Semoga keberhasilan ini pun bisa menjadi motivasi sekaligus tauladan bagi adik-adik kelasnya guna lebih rajin lagi belajar, dan bagi yang belum berhasil jangan putus asa untuk selalu tetapi berjuang tanpa mengenal lelah. Terakhir tetap jaga nama baik dan marwah SMAN 1 Soreang sehingga para lulusan memiliki nilai manfaat dalam kehidupan masyarakat, pungkas Arif Hardiana.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *