Oleh: Iyep P. Saepudin,SE.Par., MM.,CHt.,Ci.
Hipnoterapis Profesional Quantum Hipnoterapi Bandung

Bandung, SAMBASNEWS.id – Apa itu gangguan kecemasan berlebih (Anxiety)?
Pernahkah Anda mengalami rasa takut, gugup, panik, dan khawatir secara berlebihan? Bisa jadi itu merupakan gangguan kecemasan. Biasanya, kecemasan tersebut tidak kunjung hilang bahkan mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat kewalahan.

Perasaan cemas dalam kadar kecil dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa sedikit rasa cemas kita merasa kurang memiliki motivasi. Perasaan cemas ini pula yang membuat kita waspada dalam melakukan tindakan sehingga senantiasa fokus. Akan tetapi jika kecemasan meningkat sehingga menyebabkan rasa takut atau kekhawatiran yang berlebihan, maka hal ini akan membebani seseorang. Karena pada saat itu, kecemasan mulai di luar kendali. Seseorang dengan gangguan kecemasan akan mencemaskan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu, bahkan dalam porsi berlebihan. Intensitas perasaan cemas yang tinggi ini, lalu menghalangi seseorang untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari misalnya sekolah, bekerja, mengunjungi kegiatan-kegiatan tertentu, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Akibatnya orang tersebut menjadi tidak produktif, bahkan lebih jauh lagi tidak berdaya sehingga membutuhkan pertolongan. Artikel ini bertujuan untuk membuka wawasan anda terhadap gangguan kecemasan. Bagi penderita gangguan kecemasan (anxiety disorder) tulisan ini mudah-mudahan membimbing anda agar segera dapat beraktivitas normal, bahkan lebih baik dari sebelumnya. Gangguan kecemasan ini menyebabkan seseorang khawatir tentang berbagai masalah, bahkan kesulitan mengingat kapan terakhir mereka bisa rileks.

Kecemasan atau Anxiety Disorder adalah kebiasaan yang ditandai oleh sebuah prilaku kecemasan yang sulit dikendalikan dan sering timbul serta menetap pada banyak aktifitas atau kejadian yang tidak dicemaskan orang lain pada umumnya.

Menurut data Riskesdas tahun 2013, gangguan kecemasan dialami oleh hampir 14 juta orang berusia 15 tahun ke atas, atau setara dengan 6 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Angka ini bukanlah jumlah yang sedikit sehingga perlu segera dilakukan penanganan yang tepat.

Ada beberapa gangguan kecemasan, seperti :

Gangguan kecemasan umum

Gangguan obsesif kompulsif

Gangguan kecemasan sosial

Fobia

Serangan panik

Gangguan stres pascatrauma.

Tanda-anda gangguan kecemasan berlebih yang dirasakan:
Perasaan mudah marah, tersinggung, sedih, atau khawatir
Tidak dapat fokus dan tenang
Susah tidur
Ketakutan dan panic
Jantung berdebar-debar tanpa alasan jelas
Tangan dan kaki berkeringat dingin
Rasa kesemutan di tangan atau kaki
Otot-otot menegang
Pusing dan mual
Mulut kering

Baca Juga  GMI Bandung Raya Salah Satu Organisasi Milenial Indonesia Gelar Talk Show Mental Health 

Beberapa ciri – cirinya seseorang yang kena gangguan kecemasan (anxiety), sebagai berikut:
Selalu cemas berlebihan, sehingga sesuatu yang seharusnya tidak dicemaskan, secara terus menerus justru dicemaskan.
Pikirannya selalu takut akan kejadian buruk masa depan, yang belum tentu terjadi.
Insomnia, atau susah tidur karena gelisah.
Badan suka lemas
Suka mempertanyakan kondisi buruk kepada diri sendiri, sehingga dianalisa sendiri, dan dijawab sendiri.
Asam lambung (Gerd) suka meningkat tidak stabil.
Takut bepergian sendiri dan dikeramaian.
Suka mengeluh
Dll.

Hipnoterapi merupakan salah satu metode yang terbukti dan sangat efektif untuk mengatasi penyakit yang menyerang mental termasuk gangguan kecemasan.

Penjelasan Tentang Metode Hipnoterapi
Hipnoterapi merupakan cabang ilmu psikologi yang mempelajari manfaat sugesti. Pemanfaatan pengaruh sugesti itu untuk mengatasi masalah pikiran, perasaan, dan perilaku.

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa hipnoterapi akan menghilangkan kesadaran secara total. Padahal, sesi hipnotis hanya akan membantu anda lebih rileks dan memfokuskan pikiran anda. Keadaan ini mirip dengan tidur, yang membedakan adalah pikiran anda lebih fokus dan mampu memberikan respon.

Keadaan yang lebih rileks ini diyakini dapat membuat anda lebih fokus pada pikiran bawah sadar Anda. Inilah yang memungkinkan anda untuk menjelajahi beberapa masalah secara lebih dalam dan tenang. Sesi hipnoterapi dapat digunakan untuk beberapa hal sebagai berikut:

Menetralkan emosi negatif akibat trauma psikologis yang pernah terjadi, terutama di masa lalu.
Membantu meningkatkan lesadaran diri.
Mengatasi kecemasan dengan menciptakan ketenangan dan percaya diri.
Membantu mengendalikan kebiasaan atau prilaku buruk.
Para praktisi atau terapis hipnoterapi tidak akan mengendalikan pikiran anda. Mereka hanya akan memandu Anda untuk mencurahkan segala kepenatan, konflik dalam diri dan masalah yang dialami. Dari situ, anda sendirilah yang bisa menentukan apa solusinya.

Bukti Hipnoterapi Efektif Untuk Atasi Gangguan Kecemasan Berlebih (Anxiety)

Baca Juga  LSM PRABU, ASPERA Kota Depok dan Pemkot Depok Antarkan Tunawisma Sakit Kritis ke Pekanbaru Riau

Para ahli telah membuktikan hipnoterapi ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan mental seperti kecemasan, gangguan stres pascatrauma, dan depresi.

Dalam sebuah penelitian tahun 2016, para peneliti mengamati kondisi otak orang-orang yang menjalani terapi hipnotis. Mereka menemukan bahwa kondisi otak pada orang yang terhipnotis mengalami beberapa perubahan, seperti menjadi lebih fokus dan lebih mampu mengendalikan beberapa gejala fisik dan emosional.

Hipnoterapi adalah kontrak upaya, bukan kontrak hasil. Sesuai kode etik, hipnoterapis tidak pernah dan tidak boleh menjanjikan kesembuhan pada klien. Yang di menjadi jaminan adalah bahwa terapi dilakukan menggunakan Standart Tinggi dan sesuai prosedur. Hasil dari hipnoterapi adalah berdasarkan kerjasama antara klien dan terapis.

Cara Kerja Hipnoterapi
Hipnoterapi dianggap menjadi bagian dari psikoterapi karena seorang hipnoterapis akan mengeksplorasi pikiran, perasaan, atau ingatan menyakitkan yang Anda alami tetapi tersembunyi di dalam alam bawah sadar.

Anda akan “diajari” cara menghadapi hal yang ditakutkan, dikhawatirkan, atau dirasakan sehingga rasa tersebut dapat berkurang bahkan sirna. Setelah sugesti masuk, hipnoterapis akan mengembalikan Anda ke alam sadar.

Hipnoterapi dilakukan dengan cara memasuki alam bawah sadar seseorang. Terapi ini disebut bisa membantu mengeksplorasi pikiran, perasaan, atau kondisi lain di alam bawah sadar seseorang. Dengan begitu, sugesti yang diberikan akan memberi ingatan berbeda terkait satu hal tertentu. Hal inilah yang dipercaya bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan.

Saat menjalani sesi terapi, kamu akan dibuat fokus dan rileks. Secara perlahan, terapis akan mendorong untuk menceritakan rasa sakit, takut, atau trauma yang dialami. Termasuk diminta untuk menceritakan awal mula serta kemungkinan alasan rasa takut tersebut. Setelah sesi terapi selesai, terapis akan mengajak berdiskusi dan menilai sejauh mana terapi bisa membantu mengubah perilaku hingga persepsi terhadap satu hal tertentu.

Bagaimana Hipnoterapi Dapat Membantu Menghilangkan Kecemasan Berlebih (Anxiety)?

Dengan menggunakan metode hipnoterapi, anda akan dapat mengubah pola pikir menjadi lebih positif. Anda dapat menghapus secara permanen semua ketakutan yang selama ini selalu menghantui diri anda. Jenis pengobatan lainnya hanya akan mengurangi risiko efek samping yang diberikan dengan mengkonsumsi obat.

Baca Juga  Rw.12 Abadijaya Depok Giat Vaksinasi Booster Ramadhan

Tetapi dengan menggunakan metode hipnoterapi, pikiran anda akan diprogram ulang sehingga pola pikir menjadi lebih positif. Ini juga dapat menghapus masalah stres, kemarahan dan ketakutan yang mungkin ada dalam diri anda.
Penjelasan ini sangat logis sekali, karena semua pengalaman yang membuat anda merasa ketakutan dan kekhawatiran anda akan disimpan jauh di dalam pikiran bawah sadar anda, dan satu-satunya cara untuk menyingkirkan permasalahan tersebut adalah dengan memprogram ulang alam bawah sadar anda dan menggantinya dengan keyakinan baru yang dapat menciptakan sikap tenang, selalu positif dan yakin.

Hipnotherapi adalah sebuah metode alternatif untuk membantu diri sendiri untuk mengobati serangan kecemasan berlebihan. Metode ini tidak menggunakan obat-obatan, karena metode ini menggunakan cara yang alamiah dan ilmiah untuk menyembuhkan setiap penyakit baik secara fisik maupun psikologis, dan oleh karena itu aman untuk di gunakan.

Profil Singkat Tentang Quantum Hipnoterapi Bandung
Ijin praktik : Nomor : 503/0001-STPT/DPMPTSP/V/2021.

Berpraktik secara profesional sejak tahun 2017 di Bandung dan membantu kliennya menuntaskan berbagai masalah emosional, perilaku dan penyakit psikosomatis yang dialaminya, termasuk memberikan pendampingan dalam program coaching yang dirancang spesifik untuk membantu para kliennya menyelesaikan berbagai polemik kehidupannya dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara progresif.

Jika Anda Ingin Mengambil Hipnoterapi di Quantum Hipnoterapi Bandung, Perlu Anda Ketahui Persyaratnya Terlebih Dahulu:
1. Suka rela
Klien datang dengan keinginan sendiri tanpa paksaan
2. Jelas
Klien jelas dengan masalah yang akan diselesaikan
3. Komitmen
Klien harus bersedia komitmen tinggi untuk menjalani hipnoterapi berapapun sesinya.
4. Pasrah dan bekerjasama dengan baik

Pasrah, bisa bekerja sama yang baik, ikhlas, percaya terhadap praktisi hipnoterapnya dan memahami bahwa kesembuhan sepenuhnya kuasa Tuhan YME.

Nah sekarang Anda tentu sudah memahami bagaimana Hipnoterapi terbukti dan efektif untuk mengatasi gangguan kecemasan berlebih (Anxiety), JIKA ANDA TERTARIK DAN INGIN MELAKUKAN UPAYA PENGOBATAN DI QUANTUM HIPNOTERAPI BANDUNG? silakan anda dapat klik link dibawah ini:
https://www.hipnoterapiquantum.com/

 

(Mang Sambas)

By Sambasnews

Santun Dalam Bahasan, Lugas & Faktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *