SUMEDANG, SAMBASNEWS.id – Para pemudik dari arah Bandung tujuan Cirebon terpaksa menempuh jalur alternatif menyusul kembali amblesnya jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Majalengka, di kawasan Cireki, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Perbaikan jalur ini dikebut sejak sebelum Ramadhan lalu. “Setelah dilakukan uji coba, jalan kembali mengalami penurunan,” ujar Kasi Humas Polres Sumedang, AKP Dedi Juhana, Senin (25/4/2022).

Meski jalur itu masih bisa dilewati, ujar Dedi, sistem buka-tutup jalur terpaksa masih mereka berlakukan karena jalur yang sudah diaspal belum bisa menahan kendaraan beban berat.

“Kami juga melakukan pengalihan arus. Kendaraan dari Bandung menuju Cirebon kami alihkan melalui jalur Sumedang-Lingkar Jatigede via Alamsari-Wado, dan untuk kendaraan dari arah Cirebon menuju Bandung kami alihkan di pertigaan Kadipaten dan pertigaan Cijelag agar menggunakan jalur Tol Cipali,” tuturnya, seperti dilansir tribunjabr.id. 

Dedi meminta, masyarakat yang tetap melewati jalur Cireki untuk bersabar dan tidak saling menyerobot antrean agar tidak menambah kemacetan.

“Untuk kendaraan yang bermuatan berat agar menggunakan jalur alternatif lain atau bisa via Tol Cipali lantaran kondisi jalan di kawasan  Cireki  masih labil sehingga berpotensi kembali ambles,” katanya.

Tak hanya di Cireki, titik rawan ambles di jalur Bandung-Sumedang juga terdapat di Cigendel. Minggu (24/4) malam, tepian jalan di kawasan ini ambles, dan menyeret dua warung milik warga yang ada di sana.

“Ini warning bahwa jalur mudik di Sumedang masih banyak titik rawan bencana,” ucap anggota DPRD Sumedang, Rahmat Juliadi, kemarin.

“BPBD mesti memitigasi daerah mana saja yang rawan sehingga bisa diantisipasi jika terjadi bencana longsor, pergerakan tanah, atau tanah ambles seperti di Cigendel ini,” ujar Rahmat.

Baca Juga  Kecamatan Bulak Lounching Program “BeST ROOM”, Program "Belajar Sayang Orang Tua"

Pembukaan jalan tol Cisumdawu pada musim mudik kali ini, kata Rahmat, sangat ia apresiasi karena para pemudik yang masuk dari Gerbang Tol Cileunyi bisa keluar di Gerbang Tol Cimalaka sehingga tak perlu melalui Cadaspangeran.

By Sambasnews

Santun Dalam Bahasan, Lugas & Faktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *