SAMBASNEWS.ID, CIANJUR – Pesantren Al Kautsar Cipaku di Kabupaten Cianjur sukses menyelenggarakan kegiatan Al Kautsar Cipaku Expo 2024, yang berlangsung dari 4 hingga 6 Juli 2024. Kegiatan tahunan ini merupakan bagian dari Program Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy dan didukung oleh Yayasan Lumbung Indonesia, yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengembangan UMKM.

Hari Pertama: Apel Akbar dan Lomba Barjanji

Hari pertama dimulai dengan apel akbar para santri pada pukul 07.05 WIB, diikuti oleh acara Karya Seni Budaya Santri yang menampilkan berbagai karya seni dan budaya hasil kreativitas para santri. Malam harinya, diadakan final lomba Barjanji antar DKM di sekitar Pesantren Al Kautsar Cipaku. Juara pertama diraih oleh DKM Riyadusshalihin, disusul oleh DKM Al Falah dan DKM At Thaririyah sebagai juara kedua dan ketiga.

Hari Kedua: Wisuda Santri dan Workshop UMKM

Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan Wisuda Santri angkatan tahun 2023, yang diikuti oleh para wisudawan beserta orang tua wali santri. Acara dilanjutkan dengan Talkshow Lintas Alumni yang menampilkan para alumni yang berhasil meraih prestasi belajar atau beasiswa di luar negeri. Selain itu, Workshop UMKM yang menghadirkan Hj. Liena Mulyadi, Ketua Yayasan Lumbung Indonesia, dihadiri oleh para pelaku UMKM di Cianjur dan santri. Malam harinya, pentas seni santri dan penampilan dua artis, Ivo Chu dan Ibra Akbar, memeriahkan suasana.

Hari Ketiga: Alumni Fair dan Haul

Hari terakhir, acara dimulai dengan Alumni Fair yang menjadi ajang silaturahmi antar alumni dan santri. Puncak acara adalah Haul untuk memperingati wafatnya pendiri Pesantren Al Kautsar Cipaku, KH. Muslim Arief Bin KH. Zaenal Arifin, yang dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, pejabat daerah, pimpinan organisasi Islam, dan masyarakat.

Baca Juga  Dosis Lanjutan (Booster) Prioritaskan Lansia

Bazar UMKM: Kesempatan Ekonomi untuk Masyarakat

Selama tiga hari acara, digelar Bazar UMKM yang menampilkan berbagai produk hasil kreativitas para santri dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama Desa Sukawangi, Kecamatan Warungkondang, yang masih berupaya bangkit pasca musibah gempa.

Manfaat Besar untuk Masyarakat

Kehadiran Pesantren Al Kautsar Cipaku dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, terutama dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Expo ini menjadi salah satu cara pesantren untuk mendukung kebangkitan ekonomi masyarakat setempat.

Dengan semangat kebersamaan dan kreativitas, Pesantren Al Kautsar Cipaku terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, baik melalui kegiatan pendidikan maupun pemberdayaan ekonomi.

 

(Red)

One thought on “Pesantren Al Kautsar Cipaku Gelar Al Kautsar Cipaku Expo 2024 Dengan Meriah”
  1. Selamat untuk Pesantren Al-Kautsar yang telah sukses menggelar AL-KAUTSAR CIPAKU EXPO 2024 dengan meriah.
    Semoga para kyai, guru, santri dan keluarga besar pesantren sehat selalu, dimudahkan segala urusannya, dan maju serta manfaat terus pesantren dal ilmu-ilmunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *