Bandung, Sambasnews.id – Pengelolaan sekolah melalui pendekatan manajerial yang baik menjadi sebuah keharusan, mengingat bahwa kecakapan manajerial merupakan bagian yang sangat esensial dalam menghantarkan sebuah lembaga pendidikan sekolah ke cita-cita mulia.
Kecakapan manajerial ini merupakan bagian yang melekat dari seorang guru, terlebih dirinya yang diberikan tugas sebagai kepala sekolah.
Pada saat kecakapan manajerial seorang guru/ kepala sekolah melekat pada identitas dirinya serta terbangunnya sebuah komitmen dalam melaksanakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kecakapan manajerial maka sebuah harapan dalam mencapai visi dan misi sekolah menjadi sesuatu yang nyata di depan mata.
Drs. Cucu Saputra, M.MPd Ketua PGRI Kota Bandung mengatakan bahwa ada beberapa parameter yang sejatinya harus dimiliki oleh seorang pimpinan sekolah diantaranya :
– Kemauan membangun hati yang bersih,
“Dengan suci mendekati sang anak, bebas dari segala ikatan. Tanpa meminta hak tetapi untuk menghamba kepada sang anak” (Ki Hajar Dewantara).
– Guru harus bersikap inklusif dan bisa melayani semuanya tanpa diskriminatif, tumbuh kembangkan anak anak kita sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.
– Bangunlah hubungan dengan Guru dan Siswa yang saling memerdekakan dengan semangat memanusiakan manusia dan kesetaraan.
– Kepala sekolah harus bisa menciptakan sekolah menjadi tempat yang baik dan kondusif sehingga sekolah menjadi sebuah ekosistem tempat persemaian benih benih kebudayaan.
– Hindari pendekatan transaksional, kedepankan filsafat Kihajar Dewantara yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madia Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.
– Bangun marwah Guru melalui PGRI agar Guru lebih Terhormat, Profesional Sejahtera.
Keberanian untuk menjadi agen perubahan peradaban yang dimulai dari diri sendiri adalah nilai tertinggi dari indahnya pengabdian.
(Kang Amat)