SERANG, SAMBASNEWS.id – Status level aktivitas Gunung Anak Krakatau naik dari Waspada level II menjadi Siaga Level III, Minggu (24/4/2020).

Naiknya status aktivitas GAK yang berada di Selat Sunda itu disebabkan karena terjadi erupsi terus-menerus.

“Hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan adanya kenaikan aktivitas yang semakin signifikan dan tingkat aktivitas Gunung Anak Kraktau dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) terhitung sejak tanggal 24 April 2022, pukul 18.00 WIB,” kata Kepala Badan Geologi, Eko Budi Leloni melalui keterangan tertulisnya, Minggu.

Eko mengungkapkan, aktivitas vulkanik GAK saat ini masih dalam periode erupsi menerus dengan perubahan erupsi yang semula dominan abu, menjadi tipe strombolian yang menghasilkan lontaran-lontaran lava pijar pada tanggal 17 April 2022.

Kemudian lontaran lava pijar terjadi kembali pada tanggal 23 April 2022 sekitar pukul 12:19 WIB teramati lava mengalir dan masuk ke laut.

“Hasil estimasi energi seismik saat ini teramati meningkat tajam bersamaan dengan membesarnya amplitudo Tremor menerus dan semakin intensnya kejadian erupsi yang menerus,” tutur Eko, seperti dilansir kompas.com.

Baca Juga  FAGI, DPRD Kota Bandung Dan GEMPPUR Dukung Pemkot Bandung Agar Pembelajaran di Sekolah Diadakan Secara PJJ

By Sambasnews

Santun Dalam Bahasan, Lugas & Faktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *