Strategi Meningkatkan Produktifitas Usaha Mikro di Era Digitalisasi

Kang Ahmad Syarif, Pendiri dan CEO Cyberlabs, berbagi bagaimana UMKM menarik investor dengan presentasi bisnis strategis. Dimulai dari perkembangan website dan aplikasi di bawah pengaruh era digital saat ini, beliau menjelaskan ada tiga produk yaitu: Atom yang bisa membuat aplikasi tanpa coding, lalu ada hydro yang menghubungkan produsen dengan affilliate marketer dengan lebih mudah karena menyediakan ratusan template laporan penjualan, dan sistem affiliate network yang mempermudah para pemilik usaha dalam proses penjualan, dan yang terakhir ada mosecule yaitu teknologi point of sale (POS) yang dapat membantu para pemilik usaha melakukan pencatatan stok barang dengan lebih efektif.

Untuk menjadi seorang investor dipastikan untuk memiliki background yang tepat, kemudian tau apa masalah yang dihadapi agar dapat dengan mudah dipecahkan hingga menemukan solusi yang tepat. Setelah masuk ke target market lalu kenali kompetitor juga merupakan poin penting. Orang-orang yang terlibat dalam proses bisnis nantinya dapat mengetahui dari mana sumber pendapatannya dan mempromosikan produk yang kita hasilkan. Bisa online atau offline, seperti Facebook dan Instagram. Jika Anda sudah memiliki klien, Anda perlu menetapkan tujuan setiap tahun untuk akhirnya membentuk tim.

 

(Red/Kelompok 3 Ilmu Komunikasi 2A)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *