SAMBASNEWS.id – Istilah UMKM atau yang kita ketahui sebagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah kini sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia. Laju perkembangan UMKM turut berkontribusi membangun perekonomian pendapatan daerah dan pendapatan pemerintah, sekaligus memainkan peran penting sebagai pembuka jalan alternatif untuk menyediakan lapangan pekerjaan baru, dengan harapan adanya UMKM dapat menekan dan mengurangi angka pengangguran yang menjadi salah satu permasalahan besar sosial dan ekonomi di Indonesia.
Menjamurnya UMKM bukan tanpa dinamika, para pelaku UMKM sendiri telah melalui berbagai macam perubahan yang signifikan untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang dinamis terhadap perubahan metode penjualan yang merujuk pada digitalisasi, salah satunya adalah bagaimana cara menghadapi persaingan dan tantangan yang terjadi di era modern seperti saat ini.
Digitalisasi merupakan hambatan yang nyata bagi para pelaku usaha UMKM, salah satunya adalah ketidakmampuan untuk bersaing secara seimbang dengan pelaku usaha bisnis lainnya yang menyebabkan UMKM sempat mengalami kemunduran yang signifikan.
Pertama, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya literasi digital, padahal di era saat ini pendidikan literasi digital sangat dibutuhkan untuk menopang perbekalan para pelaku UMKM sebelum menjalankan model bisnis secara digital.
Kedua, ketidakmampuan dalam memenuhi tuntutan pasar digital, adanya perubahan yang terjadi tentunya menyebabkan terjadinya perbedaan cara penjualan dari yang sebelumnya dilakukan secara offline face to face dengan konsumen, menjadi online dan dilakukan melalui website atau aplikasi e-commerce menyebabkan pelaku UMKM harus dapat mengatasi tuntutan dan permintaan konsumen dengan skala yang lebih besar dibanding saat melakukan penjualan secara offline.
Ketiga, kurang memadainya pelaku UMKM dalam menghasilkan produk unggul di pasar digital, tren digitalisasi dan penjualan secara online menyebabkan para pelaku bisnis berbondong-bondong dalam menghasilkan produk terbaik untuk bisa bersaing sejajar di pasar digital yang menyebabkan pelaku UMKM dituntut lebih untuk dapat bersaing dan menghasilkan produk unggul di pasar digital.
Berita di halaman selanjutnya…