ACTIVE LEARNING Menghidupkan Roh Belajar Siswa (2)

Biarkan mereka berpindah-pindah, bahkan tidak selalu ada di dalam ruangan. Mereka dapat diajak belajar di luar kelas, mereka dapat belajar di masyarakat, belajar di lapangan, belajar di taman, belajar di dekat kolam ikan, belajar dimana saja yang dapat membuat mereka merasakan kenyamanan dalam belajar, dengannya rasa antusias mereka dalam mendalami ilmu pengetahuan akan terasa, dengan istilah yang ia gunakan moving about dan thinking aload.

Untuk dapat merasakan suasana dan rasa memahami dengan baik maka ada saat yang tepat yang dapat dilakukan yaitu dengan mempersiapkan panca pendengaran yang maksimal, mampu melihat dengan jelas, siswa mampu mengajukan pertanyaan dan mampu membahasnya dengan orang lain. Selain itu juga siswa harus juga mampu menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukan contohnya, mau mencoba, memperaktekan keterampilannya dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA :

ACTIVE LEARNING Menghidupkan Roh Belajar Siswa (1)

Apabila poin-poin dapat dirasakan oleh siswa maka itulah sebenarnya belajar siswa aktif. Pertanyaan strategi apa yang harus diterapkan dalam meraih siswa aktif seperti di atas?. Maka dalam tulisan-tulisan berikut ini kita akan mengetahui strategi apa yang dapat dilakukan seorang guru dalam mengaktifkan siswanya, Insya Alloh.

(Bersambung)

(Red)

Pos terkait