Oleh : Aris Sabthazi, S.Sos
(Guru sosiologi SMAN 1 Jamblang)
SAMBASnews.id – Pada tulisan active learning ke satu telah kita mengawali tulisan ini dari inspirasi kegiatan MGMP Sosiologi. Dari situlah tulisan ini dimulai. Awal kegiatan active learning selalu diawali dengan ice breaking sebagai bentuk penyegaran atau penormalisasian semangat, mood, daya ingat siswa hingga relaksasi syaraf bagi siswa. Dengan siswa telah mampu menormalkan dirinya maka siswa telah siap untuk menerima pembelajaran dengan optimal.
Dalam pembahasan ini kita juga sambil berguru dengan pakar psikolog dari Amerika Serikat yaitu Dr. Melvin L. Silberman. Beliau adalah Guru Besar Psikologi Pendidikan Universitas Temple, Amerika Serikat, dengan judul buku yang ia tulis Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Buku ini dicetak pertama pada tahun 2004, dan mengalami revisi cetakan hingga ke XV pada bulan Maret 2019 yang ada pada tangan penulis ini. Halaman buku ini berjumlah 299 halaman. Buku yang berstatus Best seller.
Dalam penyajiannya penulis mencoba memberikan pemahaman dari buku yang ia tulis kepada pembaca dengan mudah, dengan disertai pengamalan penulis sebagai pengajar. Telaah buku ini juga menjadi pembimbing atau alat kontrol penulis sebagai pendidik untuk terus berusaha mengajar lebih baik lagi.
Dalam sebuah prakata yang beliau tulis, ia menulis “Kita dapat menceritakan sesuatu kepada siswa dengan cepat. Namun siswa akan melupakan apa yang kita ceritakan itu dengan lebih cepat”.