Kemenkes: “Seluruh Biaya Perawatan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Adalah “Gratis”

Terdapat 17 platform telemedicine yang bekerjasama dengan Kemenkes, yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok.

Dalam penggunaan layanan ini, pasien terlebih dahulu diharuskan menjalankan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) oleh Kementerian Kesehatan.

“Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis,” tutur Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, pada Selasa (25/1/2022) lalu.

Jika pasien tidak menerima pemberitahuan melalui pesan WhatsApp, bisa memeriksa NIK secara mandiri pada situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah menerima pemberitahuan hasil tes PCR, pasien dapat berkonsultasi secara online dengan dokter yang ada di salah satu dari 17 platform tersebut.

“Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis,” ungkap Siti Nadia Tarmizi.

Pos terkait