Lalu apa saja sih contoh inovasi UMKM yang sering kita temui di media sosial sebagai bentuk dari branding produk dan salah satu cara untuk meningkatkan value UMKM yang mereka miliki?
Sosial media bukan saja dijadikan sebagai wadah mengekspresikan diri dan bertukar pendapat saat berinteraksi dengan sesama pengguna, akan tetapi dapat juga dijadikan sebagai wadah promosi secara percuma bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan branding dan value produk yang dimilikinya. Banyak keuntungan yang dapat dimanfaatkan melalui fitur yang ada di sosial media, apalagi sosial media saat ini menyediakan fitur khusus bagi pelaku bisnis untuk memudahkan penjualan melalui media sosial.
Pertama dan yang paling digandrungi adalah melakukan promosi secara live dengan menampilkan keuntungan dan diskon untuk menarik pelanggan. Fitur live sendiri dirancang untuk dijadikan sebagai sarana antara penjual dan pembeli agar saling berinteraksi secara langsung untuk menanyakan perihal stok ataupun harga barang yang tersedia, selain itu pelanggan dapat bertanya mengenai promosi dan hal lainnya tentang informasi produk yang akan mereka beli.
(Nazwa Fauzya)