“Motah juga merupakan sebuah mesin yang hemat energi tidak menggunakan bahan bakar dengan suhu pembakaran tinggi hingga 1000⁰C, kapasitas pembakaran sampai dengan 500 Kg/Jam, instalasi dan perawatan mudah serta menggunakan material berkualitas tinggi,” papar Nurjanah.

Bahkan, lanjut Nurjanah, abu sisa pembakarannya bisa dimanfaatkan kembali untuk pupuk, karena sisa pembakarannya pun sudah di uji lab oleh Tehnik Material Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dilokasi yang sama usai mendengarkan paparan Kemenkomarves Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan saat di wawancarai mengatakan, Sampah sudah jadi masalah Nasional, ternyata disini juga (Kab. Bandung-red) cukup parah walaupun tidak separah Jakarta, jadi sampah ini salah satu dari sekian banyak masalah. Penanganan sampah di Indonesia bisa 50 ribu ton sampah perhari kalau dikubikan antara 0,7 x 280 juta.

“Sekarang ini setiap langkah dilakukan untuk mempadukan sampah ini, tadi Pak Gubernur dan Pak Bupati Bupati Kab Bandung disini mereka sudah membuat Refuse-Derived Fuel (RDF), RDF itu kelihatannya berhasil tadi dari Sektor 7 mereka punya inovasi bekerjasama dengan perusahaan membuat proses sampah dengan standar yang bagus bisa 1 ton/jam,” jelasnya.

Baca berita di halaman selanjutnya…

Baca Juga  Danpusdikku Kodiklatad sebagai Komandan Upacara pada Upacara Pembukaan Diklapa II Kecabangan TNI AD TA 2022

By Sambasnews

Santun Dalam Bahasan, Lugas & Faktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *