SAMBASNEWS.id – MIN Bandung Kabupaten Bandung gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (PPRA) sebagai implementasi penerapan Kurikulum Merdeka dengan tema Bhineka Tunggal Ika, “Mari Berkreasi Dengan Mengenal Keragaman Budaya Bangsa” yang dilaksanakan di kampus MIN Bandung, Kamis 20 Juni 2024.

Hadir dalam kegiatan gelar karya P5 dan PPRA MIN Bandung diantaranya Kepala Kemenag Kabupaten Bandung DR. H. Cece Hidayat, M.Si., Pengawas MI Kecamatan Ciparay H. Tatang Hidayat, M.M.Pd., Komite MIN Bandung, Tokoh Masyarakat H. Apep, Guru dan Tenaga Kependidikan MIN Bandung, orang tua siswa serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala MIN Bandung Ceceng Ismail, S.Ag., menyampaikan bahwa kegiatan gelar karya P5 dan PPRA ini menjadi kegiatan yang kedua dengan mengambil tema ke empat yaitu Kebhinekaan Tinggal Ika dengan sub tema yang diambil yaitu “Mari Berkreasi Dengan Mengenal Keragaman Budaya Indonesia.” Ada pesan moral yang ingin dicapai dan terimplementasikan bagi seluruh siswa siswi MIN Bandung dengan dilaksanakannya gelaran P5 dan PPRA, yaitu dalam dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diharapkan muncul dimensi Beriman Bertakwa Kepala Tuhan Yang Maha Esa, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif.

Dan untuk dimensi Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (PPRA) diharapkan muncul Musawah atau Kesetaraan dalam artian kita semua sama dihadapan Allah SWT dan yang membedakan hanya pada iman serta taqwa, Muwatonah atau adanya Kecintaan Tanah Air, Tasamuh atau Toleransi yaitu menghargai adanya perbedaan dan semua perbedaan itu menjadi satu kekuatan, serta Tathawwur Wa Ibtikar atau sesuatu yang harus memiliki inovasi dalam artian adanya satu penemuan yang semuanya bertujuan untuk bergerak maju, ujar H. Ceceng Ismail.

Baca Juga  Beberapa Tips Untuk Membuat Anak Fokus dan Bertanggungjawab

Ketua Komite MIN Bandung Bapak Suhendar dalam sambutannya, berharap dengan tema kegiatan P5 dan PPRA MIN Bandung semoga menghasilkan satu prestasi bagi seluruh siswa-siswi dengan sikap dan sifat kreatif, inovatif dalam bentuk berbagai karya yang ditampilkan, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru MIN Bandung dan seluruh orang tua siswa yang telah berperan aktif sehingga acara P5 dan PPRA di MIN Bandung dapat terlaksana dengan sukses.

Acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (PPRA) MIN Bandung diisi dengan berbagai kegiatan antara lain Karnaval oleh seluruh siswa-siswi dengan menggunakan pakaian khas Nusantara dari berbagi provinsi, fashion show, pagelaran tari daerah, bazzar makanan daerah serta penandatanganan Forum Pemangku Kepentingan sebagai bentuk dukungan dengan adanya kegiatan P5 dan PPRA di MIN Bandung.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *