CIMAHI, SAMBASNEWS.id – SMAN 4 Cimahi Dan Kanwil Kemenkumham Jabar Gelar Ceramah Hukum Guna Membangun Kesadaran Hukum di Lingkungan Sekolah yang dilaksanakan di Kampus SMAN 4 Cimahi, Selasa (29/08/2023).

Hadir dalam kegiatan ceramah hukum ini antara lain Pembina Penyuluh Hukum dan Ham Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Dr. Andi Taletting Langi, S.IP., S.H., M.Si., M.Phil., Penyuluh Hukum Madya Kemenkumham Wilayah Jawa Barat Wilda Hanum dan Elin Rahayu, Penyuluh Hukum Muda Kemenkumham Wilayah Jawa Barat Endang Uminarsih, Safroni, Nindiya serta perwakilan siswa-siswi kelas X, XI, XII, Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) SMAN 4 Cimahi, perwakilan guru SMAN 4 Cimahi, serta Kepala SMPN 43 Bandung Asep Ramdani.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 4 Cimahi Drs. Jajang Koswara, M.Si., menyatakan dengan adanya ceramah hukum dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat ini semoga menjadi bekal bagi siswa-siswi SMAN 4 Cimahi terutama mengenal info hukum dan ham sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di sekolah seperti bullying dan lain-lain.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Dr. Andi Taletting Langi, S.IP., S.H., M.Si., M.Phil., memberikan materi dengan tema “Membangun Sadar Hukum Di Sekolah”.

Hal ini dilakukan agar para siswa-siswi mulai sadar dan melek terhadap hukum sehingga bisa menghindari hal-hal yang bertentangan dengan hukum seperti bullying, tawuran, penggunaan obat-obat terlarang dan lain sebagainya.

Siswa-siswi sekarang memiliki peranan sebagai agen perubahan, sehingga harapan ke depannya merekalah yang bisa merubah masyarakat ke arah yang lebih baik khususnya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam bidang hukum. Salah satu usaha untuk melek dan sadar hukum ini maka di tiap sekolah sekolah dibentuk Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH), ini adalah wadah sekaligus agen agar pengetahuan hukum dapat lebih tersosialisasikan, tutur Andi Taletting.

Baca Juga  GEMPPUR Meminta Kadisdik Jabar Segera Keluarkan SE Berkaitan Sumbangan/Pungutan

Pada kesempatan yang sama Ketua Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) SMAN 4 Cimahi Reva Nazwa Aulia Rimang, berharap dengan kegiatan dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat ini maka siswa-siswi SMAN 4 Cimahi akan lebih sadar dan melek hukum, sehingga bisa menghindari dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik seperti bullying. Dan aplikasi di sekolah oleh FPSH saat ini yaitu dengan menitikberatkan pada kedisiplinan kepada seluruh siswa-siswi SMAN 4 Cimahi mulai dari masuk pintu gerbang sekolah, terang Reva.

Sebagai acara pembuka dan sambutan acara ceramah hukum ini ditampilkan tarian cantik dari kegiatan ekskul SMAN 4 Cimahi.

(Mang Sambas)

By Sambasnews

Santun Dalam Bahasan, Lugas & Faktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *