STRATEGI PENDIDIKAN
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pendidikan adalah proses pengubahan sikap, dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara dan perbuatan mendidik, dimana proses.
“Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”. Dengan pendidikan akan membentuk manusia menjadi manusia seutuhnya dimana konsep pengajaran, transfer ilmu di lakukan, untuk memanusiakan manusia bukanlah suatu pekerjaan mudah namun tidak sulit jika di laksanakan dengan benar dan terarah. Maka untuk melakukan pembelajaran yang benar dan terarah di perlukan suatu strategi dalam pendidikan.
Strategi dalam pendidikan adalah suatu ujung tombak dalam mencapai tujuan pembelajaran yang berimpack pada peserta didiknya. Strategi pendidikan, dalam dunia pendidikan, strategi bisa diartikan sebagai suatu cara atau metode kegiatan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Selain itu, adanya strategi pembelajaran juga turut membantu guru agar memiliki gambaran bagaimana cara membantu siswa dalam kegiatan belajarnya.
Baca Juga : Susahkah Menulis ?
Dimana dalam Strategi pelaksanaannya pendidikan di lakukan dalam bentuk kegiatan bimbingan, pengajaran, dan /atau latihan. Bimbingan pada hakikatnya adalah pemberian bantuan, arahan, motivasi, nasihat dan penyuluhan agar siswa mampu mengatasi, memecahkan masalah, menanggulangi kesulitan sendiri. Pengajaran adalah bentuk kegiatan dimana terjalin hubungan interaksi dalam proses belajar dan mengajar antara tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mengembangkan perilaku sesuai tujuan pendidikan.
Guru sebagai pendidik. Pendidik dalam Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka memengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara optimal dalam kehidupan masyarakat.
Komentar ditutup.