STRATEGI-STRATEGI DALAM INOVASI PENDIDIKAN
Dimasa pandemic Covid 19 anak belajar jarak jauh dari rumah, kemudian masa pandemic berangsur membaik dengan berkurang tingkatan level-level baik sehingga saat ini di urutan level semakin rendah, maka pendidik sebaiknya melakukan beberapa strategi dalam pengajarannya, yaitu antara lain adalah :
1). Strategi Fasilitatif, Strategi fasilitatif dapat di gunakan dengan tepat jika sasaran perubahan.
Seorang pendidik harus dapat Mengenal masalah yang dihadapi serta menyadari perlunya mencari target perubahan (tujuan). Dalam pengajarannya, seorang pendidik merasa perlu adanya perubahan atau perbaikan. Srtategi fasilitatif lainnya guru harus bersedia menerima bantuan dari luar dirinya dan memiliki kemauan untuk berpartisipasi dalam usaha merubah atau memperbaiki dirinya. Adapun Strategi Fasilitatif dapat di laksanakan dengan di sertai program menimbulkan kesadaran pada peserta didik atas tersedianya fasilitas atau tenaga bantuan yang diperlukan.
2). Strategi Pendidikan
Ada harapan perubahan sosial yang di inginkan oleh pendidik, tidak harus terjadi dalam waktu yang singkat (tidak) ingin segera cepat berubah), harapan lain yang di kehendaki adalah perubahan yang sifatnya mendasar dari pola tingkah laku yang sudah ada ke tingkah laku yang baru. Karena hal ini adalah strategi pendidikan, maka harapan lainnya adalah apabila sasaran perubahan belum memiliki keterampilan atau pengetahuan tertentu yang di perlukan untuk melaksanakan program perubahan sosial.
3). Strategi Bujukan. Strategi bujukan perlu mempertimbangkan sasaran perubahan (guru) tidak berpartisipasi dalam proses perubahan sosial. Jadi pada strategi ini masalah di anggap kurang penting atau jika cara pemecahan masalah kurang efektif.
4). Strategi Paksaan . Penggunaan Strategi Paksaan perlu mempertimbangkan. Ada Guru tidak merasa perlu untuk berubah atau tidak menyadari perlunya perubahan social dimana Guru tidak memiliki sarana penunjang untuk mengusahakan perubahan dan pelaksanaan perubahan juga tidak mampu mengadakannya.
Jadi dengan adanya ke 4 (empat ) strategi dalam Inovasi Pendidikan, guru akan melakukan interaksi interaksi social pada peserta didiknya, dimana yang melakukan perubahan atau innovasi adalah guru dan akan di tularkan pada peserta didiki, dengan melakukan strategi Fasilitatif, Strategi Pendidikan, Strategi Bujukan dan Strategi Paksaan.
Komentar ditutup.