Oleh: Hafniza Amir. S.Sos.M.Si.

Dosen typing master Politeknik Negeri Jakarta

Saat ini mengetik cepat dan tepat sudah menjadi kebutuhan yang amat dibutuhkan oleh setiap orang yang akan bekerja mempergunakan laptop dan komputer. Hampir semua aktifitas komunikasi saat ini mempergunakan alat tersebut diatas pada kantor-kantor maupun lembaga-lembaga dan sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil cepat dan tepat diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. disiplin yang tinggi dalam mengunakan jari-jari saat mengetik, untuk itu harus mengenal dulu dengan pasti tugas-tugas dari masing-masing jari saat mengtik.
2. Perlu percaya diri yang tinggi untuk tidak melihat ke tuts-tuts basis atau tuts-tuts yang ada di keyboard computer atau laptop. Hal ini dapat dilakukan secara pelan dan berangsur-angsur setelah kita yakin dari tugas-tugas masing-masing dari jari tangan kita.
3. Cara duduk dan cara menempatkan jari-jari serta posisi telapak tangan yang benar akan membantu dalam mengetik cepat dan tepat.

Teknik-teknik latihan
1. Dowload program typing master.

2. Pada program typing master ini ada beberapa pilihan, nah sebagai pemula kita pilih atau dengan judul course. Course terdiri dari 12 level dan setiap level terdiri dari 5 atau 6 jenis latihan, kecuali level 1 baru ada 3 latihan .

3. Setiap latihan dikerjakan dalam durasi 5 menit. Kenapa harus 5 menit?. Sebab batas lelah kecepatannya akan lebih tinggi namun tidak efisien kelak bila bekerja sebentar-sebentar berhenti, bila lebih 5 menit akan terjadi banyak kesalahan sebab kondisi akan mulai menurun.

4. Klik latihan 1 atau level dari program course. Di sini diterangkan penempatan jari-jari atau di sebut juga rumah jari-jari. Huruf yang menjadi rumah jari-jari adalah huruf-huruf “a s d f” untuk rumah jari kiri yaitu jari kelingking, jari manis, jari tengah dan jari telunjuk kiri, sedangkan rumah jari-jari kanan adalah: “j k l” ; . Kenapa disebut rumah jari sebab, ketika jari selesai mengetik huruf-huruf yang berada diatas atau dibawah rumah jari tersebut, jari harus kembali ke rumah jari yang disebutkan diatas tadi. Tujuannya agar saat mengetik huruf-huruf yang ada diatas atau dibawah rumah jari kita akan mengenali huruf-huruf tersebut.

Baca Juga  Indonesia Emas Tanpa Guru

By Sambasnews

Santun Dalam Bahasan, Lugas & Faktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *